Tuesday, May 15, 2018

CARA MENGECEK KONDISI HARDDISK INTERNAL ATAU EKSTERNAL PS2, PS3, DAN PS4

  1. Jika anda ingin mengcopy game PS2 di HARDISK INTERNAL maupun HARDDISK EKSTERNAL sebaiknya di cek dulu kondisi kesehatan hdd-nya karena jika sudah bad sector maka resikonya adalah semua game tidak jalan atau bahkan akan BLANK.
  2. Jika anda ingin melakukan REBUILDING DATA BASE / RESTORING FILE SYSTEM pada ps3 sebaiknya di cek dulu kondisi HEALTH (KESEHATAN) harddisk internalnya karena jika kondisinya sudah BAD SECTOR apalagi persentase kesehatannya sudah menurun maka resikonya adalah BOOT LOOPING / RESTORING LOOP. Dimana akan terjadi restoring file system yang terus-menerus. Beberapa ada yang menjadi BLANK.
  3. Jika anda ingin menginstall ulang PS4 atau mengganti HDD internal PS4 maka sebaiknya di cek dulu kondisi kesehatan HARDISK INTERNALNYA karena jika terdapat BAD SECTOR maka resiko nya akan terjadi CANNOT START SYSTEM berulang-ulang.


Langkah pertama yang harus di lakukan adalah download dan install software HARDDISK SENTINEL yang bisa anda download dilink dibawah ini


Setelah didownload buka file installernya



Pilih ok




Pilih Next




Pilih Next lagi



Next




Pilih Next



Pilih install




Finish



Jika aplikasi / softwarenya tidak otomatis terbuka maka pilih START MENU lalu klik ICON HARD DISK SENTINEL




Langkah kedua yang harus di lakukan untuk mengecek kondisi harddisk internal ps3 adalah mencabut harddisk internalnya terlebih dahulu lalu pasangkan CASING HARDDISK EKSTERNAL untuk yang ukuran 2.5 INCH (ukuran harddisk internal laptop). Contohnya seperti gambar di bawah ini. Jika belum punya bisa di beli di toko PS atau Toko accesoris komputer.


Pasang dulu harddisknya ke konektor eksternal



lalu colokan ke PORT USB KOMPUTER



Tanda no.1 adalah informasi merk Harddisknya yaitu FUJITSU dengan MODEL MHW2040BH Kapasitas 40GB  dengan kondisi HEALTH / KESEHATANNYA yang masih 100% dan Temperature / Suhu 33 Derajat Celcius.

Tanda No.2 adalah informasi yang menunjukkan bahwa tidak ada BAD SECTOR



Disini saya berikan satu contoh lagi pengecekan harddisk lainnya yaitu MERK HITACHI MODEL HCC547550A9E380 KAPASITAS 500GB KONDISI 77% SUHU 29% dan ada satu  BAD SECTOR pada Reallocation Event Count. 



-THE END-


UPDATE : Apakah harddisk yang bad sector bisa di perbaiki ? bisa tapi setahu saya orang yang mau memperbaiki harddisk yang rusak ataupun badsector kebanyakan punya data yang penting didalam harddisknya seperti data bank, perusahaan dan lain-lain. Karena biaya service harddisk itu lebih mahal daripada harga harddisk yang baru.


Aiden Wedding Organizer / Aiden Playstation
Jalan Enggano / Nias No. 40-653E (Sebelah Alfamart nias puncak sekuning) Bukit Kecil Palembang 30126
HP: Simpati : 082282230334
XL : 0878-6887-2016
www.aiden-playstation.xyz

Google Maps : Aiden PlayStation
Gojek : Alfamart Nias
Grab : Alfamart Nias










2 comments:

  1. kalau udah bad sector masih bisa diperbaiki gak bang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau service harddisk silahkan googling aja gan. Ada yang buka jasa service harddisk tapi setau saya kalau orang mau benerin harddisk yang rusak itu hanya jika ada file penting saja didalamnya atau kebanyakan data-data perusahaan seperti BANK dll. Kalau sekedar memperbaiki harddisk biasa mending jangan karena biaya servicenya lebih mahal daripada beli baru.

      Delete

CARA MENJALANKAN GAME CFW DI PS3 HEN

 Untuk yang baru membeli PS3 secara online ataupun membeli ps3 second (bekas) biasanya tidak tahu bagaimana cara menjalankan game ps3. Jika ...